Syarat Sah Puasa Ramadhan

Syarat Sah Puasa Ramadhan

Dalam Islam, syarat menjadi hal wajib untuk ditunaikan dalam pelaksanaan ibadah dan amalan. Begitu pula dengan puasa Ramadhan. Berikut ini merupakan beberapa syarat sah puasa ramadhan yang harus ditunaikan agar puasa ramadhan dapat diakui dan diterima di sisi Allah SWT.

syarat sah puasa ramadhan

Pertama, memeluk agama Islam. Seorang yang menjalankan ibadah puasa harus lah seorang muslim dan tidak murtad dari agama. Murtad memiliki arti meninggalkan agama islam dan memeluk agama lain. Bagi orang yang murtad, bukan hanya puasa nya yang tidak sah namun azab Allah SWT juga akan menimpa pelakunya. Kedua, mummayiz. Adalah masa seorang anak memiliki kemampuan untuk membedakan hal-hal yang baik dan hal-hal yang buruk. Menurut sebagaian besar para ulama, masa tamyiz adalah 7 tahun dan berakhir ketika baligh.

Ketiga, suci dari haid dan nifas. Bagi wanita yang sudah baligh setiap bulannya tentunya mendapatkan masa datang bulan. Dalam masa tersebut, wanita tidak diperbolehkan untuk berpuasa. Keempat, mengetahui waktu diterimanya puasa. Bagi muslim yang menjalankan, maka hendaklah dia tahu kapan puasanya akan diterima. Sehingga dia tahu kapan akan memulai untuk berpuasa dan kapan harus berhenti untuk berpuasa.

Dengan memahami syarat sah puasa ramadhan, maka akan lebih mudah dan memiliki keyakinan untuk menjalankan puasa ramadhan. Dengan demikian, ibadah puasa ramadhan akan dapat dijalankan dengan maksimal.